Thursday, January 5, 2012

Menambahkan dan Membuat Objek Pada Ms. Office Power Point 2007

Anda dapat  menggambar  dan memodifikasi gambar yang telah disediakan  PowerPoint 2007, misalnya bentuk garis, teks, dan berbagai gambar lain guna mendapatkan slide PowerPoint  2007 yang menarik. Anda juga dapat menggabungkan gambar dari aplikasi lain. Gambar-gambar yang Anda ambil dari aplikasi lain akan diterima  sebagai objek. Anda dapat menggambar objek dengan menggunakan tombol-tombol yang ada pada group Drawing pada tab home. Suatu objek dapat  mempunyai  atribut  grafis (warna, garis, bentuk, dan bayangan) dan atribut  teks (style, font, warna, dan bayangan).

1. Menggunakan Group Drawing.
Dengan group Drawing, Anda dapat menggambar atau memodifikasi objek gambar, misalnya bentuk garis, teks, atau objek gambar lain. Dengan demikian, tampilan  presentasi Anda akan menjadi menarik. Anda juga dapat  mengambil objek-objek gambar dari program aplikasi lain.
Objek adalah bentuk-bentuk gambar yang dapat dibuat atau  disisipkan  dalam  sebuah  presentasi . Anda dapat menggambar  objek dengan menggunakan  tombol-tombol perintah pada Group Drawing, seperti gambar berikut ini.

Tombol perintah Shapes terdiri atas Recently Used Shapes, Lines, Rectangles, Basic Shapes, Block Arrow, Equation Shapes, Flowcart, Stars and Banners, Callouts dan Action Bottons.

Pilihan Objek yang terdapat dalam Toolbar Shape (Klik untuk memperbesar gambar)
Tombol perintah Arrange berfungsi untuk menempatkan objek pada slide. Tombol perintah Arrange terdiri atas Order Objects, Group Object, dan Position Objects.
Sebagai contoh position objects dapat membantu Anda meratakan beberapa objek sekaligus. Caranya, objek-objek tersebut harus dipilih terlebih dahulu, kemudian klik Arrange Kemudian Align  dan Kemudian Aligh left. Perhatikan gambar berikut.
(Klik Untuk Memperbesar Gambar)

Tombol perintah Quick Style terdiri atas pilihan ikon berikut.
2. Membuat Objek Garis
Anda dapat membuat objek dengan tombol lines pada menu Shapes, tombol Arrows dan Text Box. Berikut ini adalah
cara membuat garis dengan menggunakan tombol lines.
(1) Pada group Drawing, klik tombol Lines.
(2) Arahkan mouse ke lembar kerja (perhatikan pointer mouse Anda berubah menjadi tanda + ) pada posisi di mana Anda akan membuat objek tersebut .
(3) Klik, tahan dan geser ke arah yang Anda inginkan.
Perhatikan objek tersebut akan dibatasi tanda bulatan kecil di awal dan akhir garis, yang disebut dengan titik kendali. Dengan titik kendali ini, Anda dapat mengatur kembali objek garis tersebut sesuai dengan kebutuhan.
Anda dapat memformat objek garis dengan menggunakan tombol berikut.
1. Line Style
Digunakan untuk memilih ukuran dan jenis garis pada objek.




2. Dash Style
Digunakan untuk membuat variasi jenis garis. Perhatikan garis sebelum di format garis sesudah diformat dengan pilihan Dash berikut ini
3. Line Color
Digunakan untuk menentukan warna garis pada objek




4. Arrow Style
Digunakan untuk menambah mata tombak pada ujung garis.


3. Membuat Objek Lingkaran
Bagaimana cara membuat objek lingkaran? Berikut caranya, klik tombol oval pada group Drawing, kemudian arahkan pointer mouse ke tempat di mana Anda akan menempatkan objek tersebut. Misalnya, klik dan tahan tombol mouse pada posisi titik Pusat A. Sambil menekan tombol Ctrl + Shift, lakukan proses dragd drop sampai Anda mendapatkan ukuran lingkaran seperti pada lingkaran nomor 1. Untuk membuat lingkaran ke-2 dan ke-3 , ulangi langkah yang pertama sampai Anda mendapatkan jarak lingkaran yang sama antara lingkaran yang satu dengan lainnya.
4. Membuat Objek Shape
Jika Anda bekerja dengan objek Shape, group Drawing menyediakan fasilitas Autoshapes yang menampung beberapa objek gambar yang dapat Anda ambil dan sekaligus Anda tempelkan pada lembar kerja Anda. Prosedur yang dapat Anda lakukan untuk membuat objek dengan Autoshape adalah seperti berikut.
(1) Pada group Drawing, klik tombol menu Shapes untuk menampilkan tombol-tombol pilihan pembentuk objek gambar, seperti yang tampak pada gambar berikut.
(2) Sebagai contoh, klik pilihan Stars and Banners, kemudian pilih Down Ribbon.
(3) Klik di mana Anda menempatkan objek tersebut atau arahkan pointer mouse pada lembar kerja, klik dan tahan mouse untuk mulai membentuk objek gambar, geser pointer mouse untuk menentukan ukuran objek gambar sehingga objek akan terbentuk seperti gambar berikut.
(4) Letakkan mouse ke salah satu titik kendali, klik tahan dan geser untuk mengatur ukuran objek.
(5) Klik di luar area objek yang terpilih untuk membatalkan pemilihan terhadap objek tersebut.

5. Menambah Teks pada Objek
Teks yang Anda ketikkan pada objek secara otomatis akan dibuat rata tengah oleh PowerPoint 2007. Jika Anda ingin membuat baris baru, tekan tombol Enter. Berikut adalah langkah untuk menambahkan teks pada sebuah objek.
(1) Pilih salah satu objek yang akan diisi teks.
(2) Pilih salah satu langkah berikut. Klik kanan pada objek yang akan diisi teks. Pada menu tampil, pilih Add Text dan ketiklah sebuah teks. Anda dapat juga melakukannya pada group Text. Caranya, pilih tombol Text Box. Klik objek yang akan diisi dengan teks.
(3) Sebagai contoh, ketik tulisan berikut.
www.bacaan-komputer.blogspot.com
(4) Perhatikan hasil pengetikan akan tampak seperti pada gambar berikut.
6. Bekerja dengan Objek ClipArt
Dengan program PowerPoint 2007, Anda dapat menyisipkan objek ke dalam presentasi. Anda dapat menyisipkan teks, gambar, ataupun objek lainnya. Ada beberapa cara untuk menyisipkan objek ke dalam presentasi, antara lain dengan menggunakan menu Insert Illustrations Clip Art . Di samping menggunakan menu, PowerPoint juga menyediakan pilihan slide yang di dalamnya terdapat perintah untuk menyisipkan objek ClipArt secara langsung.
a. Menggunakan Pilihan Slide
Prosedur yang harus Anda lakukan sebelum menyisipkan sebuah objek ke dalam sebuah presentasi adalah sebagai berikut.
(1) Pilih menu New Slide → pilih Layout Slide yang Anda inginkan.
(2) Pilih Layout Title, Clip Art, dan Text pada bagian Other Layout sehingga presentasi Anda akan menampilkan lembar kerja seperti gambar berikut.
Gambar a Pilihan Layout Slide title and content
Gambar b  Pilihan Layout Slide two content
Gambar c  Pilihan Layout Slide comparison
Gambar d  Pilihan Layout Slide content with caption
 
(3) Klik pada area objek gambar pilih ikon Clip Art sehingga tampil kotak dialog Select Picture.
Pada kotak dialog Clip Art, terdapat beberapa bagian yang perlu Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut.
• Search For. Digunakan untuk mencari bentuk gambar berdasarkan nama gambar yang ada pada kotak pencarian.
• Search In. Digunakan untuk menunjukkan lokasi pencarian.
• Search For. Membatasi jenis file apa saja yang diikutsertakan dalam pencarian.
(4) Pilih objek gambar, kemudian tekan tombol OK sehingga ditampilkan secara otomatis pada lembar kerja gambar yang anda pilih.
b. Menggunakan Tombol Perintah
Memasukan Clip Art juga dapat melalui tombol perintah, langkahnya seperti berikut.
(1) Klik menu InsertIllustrations Clip Art sehingga ditampilkan kotak task pane Clip Art.
(2) Dari task pane yang tampil, pilih Organize clips sehingga akan tampil kotak dialog berikutnya.
(3) Klik dua kali folder Office Collections pada bagian Collection List sehingga akan tampil beberapa subfolder yang menampung gambar. Pilih salah satu nama folder, kemudian perhatikan pada kotak sebelah kanan yang akan menampilkan objek gambar sesuai dengan folder yang Anda pilih. Pilih salah satu gambar, klik kanan pada gambar, dan pilih Copy.
 
(4) Lanjutkan dengan mem-Paste-nya pada tempat yang Anda inginkan.
c. Mengatur Objek Clip Art
Pada saat Anda menyisipkan objek Clip Art, PowerPoint 2007 akan menampilkan toolbar Pictures Tools. Kemudian, akan tampil tab Format yang dapat Anda gunakan untuk memodifikasi objek ClipArt yang telah Anda sisipkan pada lembar kerja presentasi. Sebelum Anda memodifikasi objek, kenali terlebih dahulu nama tombol-tombol perintah pada tab Format berikut fungsinya seperti yang tampak pada gambar berikut ini.
* Group Adjust terdiri atas Brightness, Contrast, Recolor, Compress Pictures, Change Picture, dan Reset Picture.
Berikut beberapa Tombol Perintah pada Group Adjust (Klik untuk memperbesar gambar)
Berikut tampilan beberapa hasil pengaturan objek ClipArt menggunakan tombol perintah pada group Adjust.
Gambar a merupakan hasil pengaturan brightness
Gambar b merupakan hasil pengaturan Recolor
 
* Group Picture Styles terdiri atas Picture Shape, Picture Border, dan Picture Effects.
Tombol Perintah pada Group Picture Styles
 
Berikut ditampilkan beberapa hasil pengaturan objek ClipArt menggunakan tombol perintah pada group Picture Styles.
Gambar a merupakan hasil pengaturan Picture Shape dan Picture Border
Gambar b merupakan hasil pengaturan Picture Effect Shadow

* Group Arrange terdiri atas Bring to Front, Send to Back, Selection Panel, Align, Group, dan Rotate.
Berikut tombol perintah dan fungsinya yang terdapat dalam grup Arrange.
 
Berikut ditampilkan beberapa hasil pengaturan objek ClipArt menggunakan group Arrange.
Gambar a merupakan hasil pengaturan Rotate
Gambar b merupakan hasil pengaturan Group

7. Bekerja dengan Objek WordArt
Berbeda dengan Program PowerPoint sebelumnya, PowerPoint 2007 lebih lengkap dan praktis. PowerPoint 2007 dilengkapi WordArt yang memiliki tombol-tombol yang sederhana, namun lengkap dan variatif. WordArt digunakan untuk membuat teks dengan formasi dan animasi gambar yang diatur dan dimodifikasi sendiri. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah seperti berikut.
(1) Klik tab Insert > WorArt, kemudian pilih melalui down drop yang terdapat di bawah ikon WordArt. Dengan demikian akan muncul WordArt Gallery.
(2) Pilihlah salah satu bentuk WordArt dan klik OK sehingga tampil pada lembar kerja Your Text Here. Sebagai contoh pilihlah Gradient fill-Accent 4, Reflection.
(3) Pada kotak teks yang bertuliskan Your Text Here, ketik teks pengganti yang diinginkan. Misalnya, ketik teks penggantinya, seperti berikut.
– MICROSOFT POWERPOINT  lalu tekan Enter
– VERSI 2007 lalu tekan Enter
(4) Pada lembar presentasi akan tampil hasil yang Anda buat dan untuk memodifikasi teks Anda dapat menggunakan tools yang ada di bagian atas lembar presentasi. Anda juga dapat mengklik kanan untuk mengatur teks baik ukuran, jenis huruf, dan lain-lain.
Menu Format terdiri atas Insert Shape, Shapes Style, WordArt Style, dan Arrange.
Perintah dalam grup format
Perintah dalam grup Insert Shape
Grup Shape Style
Perintah yang terdapat pada grup Shape Style

Grup Word Art Style
Tombol perintah dalam grup word art style
Grup Arrange Word Art
Tombol perintah yang terdapat pada Grup Arrange

No comments:

Post a Comment